Friday, May 19, 2006
Perkenalkan Blog pada Anak-anak SD
Blog bisa menjadi ancaman serius bagi media cetak. Lho kok bisa? Setidaknya berita Kompas beberapa hari lalu menyatakan demikian.

Pernyataan ini mungkin kedengarannya agak berlebihan karena sejauh ini belum ada penelitian yang serius yang membuktikan hal tersebut. Tetapi, melihat trennya dan semakin menggemanya isu tentang dunia blog akhir-akhir ini, agaknya pernyataan ini tidaklah mengada-ada.


Coba bayangkan kalau di Jakarta saja, misalnya, ada sejuta blogger aktif setiap hari, dan mereka ini tidak perlu membeli koran karena hampir semua informasi bisa mereka dapatkan lewat blog. Kalaupun membaca koran, mereka paling mengaksesnya melalui situs media bersangkutan. Ini dipastikan bisa membuat pengelola media cetak ketar-ketir juga.

Selain kebebasan memperoleh informasi yang tak terbatas, yang tidak didapatkan di surat kabar, blog juga menciptakan interaksi khalayak dalam posisi setara, tidak seperti hubungan yang diperoleh antara pengelola media cetak dan pembacanya. Apa pun "kasus" yang ditulis di blog bisa langsung ditanggapi tanpa harus melalui meja editor terlebih dahulu dan langsung mendapat feedback.

Kehadiran blog juga mendorong masyarakat untuk membiasakan diri menuangkan isi kepalanya ke dalam tulisan. Hal yang belum menjadi tradisi di negara ini. Lewatkan waktumu sesaat mengeklik blog-blog bermutu yang sudah ada (kecuali blog ini tentunya). Anda akan mengaminkan bahwa para pemiliknya begitu mahir merangkai kata-kata untuk dimaknai menjadi sebuah informasi yang bermakna pula.

Untuk itu, tidaklah berlebihan bila Departemen Pendidikan memasukkan blog ini sebagai sarana untuk membiasakan anak didik sejak bangku SD untuk tulis-menulis. Dan, lihat hasilnya lima tahun mendatang.


Iya enggak sih...??
posted by Apollo Lase @ 11:39 PM  
5 Comments:
  • At 9:18:00 AM, Blogger ester said…

    huaaaa... iya, bener banget yah

    kalo gitu media cetak mesti waspada dong, bang... hehehe...

    bener juga, dari blog banyak informasi terbaru yang bisa kita dapat, kayak yang satu ini... jadi, siapa bilang blog H4 ini pengecualian dari blog-blog bermutu yang sudah ada?

     
  • At 9:42:00 PM, Blogger Apollo Lase said…

    >>durian_nyastra, apa kabar bung... Yogya bae2 saja toh..!. aq baru "mendapatkanmu". ajari aq untuk bisa menggunungkan uang...donk!! *materilistis mod on* xixiixi

    >>ester, se7... blog h4 banyak *tidurnya*.. he-he-he-he.

     
  • At 12:57:00 AM, Blogger Sisca said…

    Wah...sampe segitu ??? kaget juga mendengarnya..apakah memang perlu anak2 sekecil itu sdh ngeblog ???

     
  • At 9:56:00 AM, Blogger Apollo Lase said…

    >> sisca, hemat saya, ngeblog di sini saya artikan lebih pada pembelajaran menulisnya. nah, tanpa menafikan tools lain, blog merupakan salah satu cara efektif untuk memacu anak-anak mulai usia kelas IV SD untuk bisa mencintai dunia tulis-menulis. anak akan senang bila tulisannya muncul di internet dan dapat award, yakni diakses banyak orang dan ada feedback lagi. meski demikian, bimbingan guru dan orangtua sangat berperan. thx sis...

     
  • At 11:44:00 PM, Anonymous Anonymous said…

    gile....masi SD dah ngeblog...keren euy! :)

     
Post a Comment
<< Home
 
Postingan Terakhir
Info Lain
Postingan Bulan Lalu
Pesan dan Kesan
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Sahabat Terbaikku
Free Hit Counter
Free Hit Counter