Tuesday, November 14, 2006
Pengakuan Dosa
Saya tiba-tiba ingat dengan Jendela Johari (Johari Window). Anda masih ingat? Itu loh, yang membagi ruang dalam diri kita menjadi empat kuadran. Ada kuadran I, wilayah di mana kita tahu dan orang lain tahu; Kuadran kedua: orang lain tahu, namun kita sendiri tidak tahu. Ya, ibarat pepatah, semut di seberang lautan kita lihat, gajah di pelupuk mata tidak kita lihat :); Kuadran ketiga: daerah yang kita tidak tahu orang lain pun tidak tahu. Contohnya apa ya? Oh iya, kita tidak pernah tahu kapan waktunya kita akan dipanggil oleh yang kuasa. Pada kuadran keempat: orang lain tidak tahu , tapi kita tahu. Untuk lebih jelasnya lihat di sini aja deh Johari Window.

Nah, poinnya pada kuadran keempat ini. Setuju tidak setuju, masing-masing kita memiliki suatu rahasia yang entah karena alasan apa, kita tidak pernah mengungkapnya kepada orang lain. Pun kepada orang yang paling dekat dengan kita. Kok bisa ya? Ya, bisa aja karena kita berpikir bahwa kejadian itu, atau peristiwa yang kita rahasiakan itu bisa membuat kita malu, harga diri kita jatuh, dan sejumlah konsekuesi lain bila kita membocorkannya kepada orang lain.

Ingat kan, betapa konyolnya si kuat Simson yang memberitahu rahasia kekuatannya kepada istrinya, Delilah? Aku kutip ya surat Simson kepada Delila berikut ini:

"My love Delilah, Aku mencintai kamu, tapi berhentilah memaksaku untuk membuka rahasia kekuatanku. Aku tak akan pernah memberitahukan kepadamu bahwa rambutkulah yang tak pernah kena gunting ini yangmenjadi rahasia kekuatanku. Takkan pernah ! Cium sayang, Simson."

Saya yakin Simson sebenarnya bukan hendak memperlebar ruang pada kuadran I-nya, sesuai anjuran para pakar psikologi bahwa idealnya dalam berkomunikasi ruang kuadran I diperlebar sehingga ruang II, III, dan IV menjadi semakin kecil. Simson sebenarnya ingin menyimpan rahasianya itu demi masa depannya. Namun, cilaka, ia keceplos.... :D. Coba bayangkan juga kalau pembunuh Munir jujur, dia pasti sudah di bui sekarang... Iya enggak.

Saya ingat, waktu saya masih SD kelas IV (sekitar 25 tahun lalu), saya pernah mengambil uang papaku Rp 10.000 dari kantong celananya secara diam-diam. Hingga saat ini papaku tidak pernah tahu siapa yang mengambil uang itu. He-he-he. Bahkan, beliau mungkin sudah lupa tentang peristiwa itu. Namun, hingga sebelum menulis postingan ini, hal ini masih menjadi rahasia diriku sendiri, he-he-he. Jadi malu ngaku dosa....

Lalu, bagaimana dengan Anda. Adakah hal-hal yang hingga kini Anda simpan sebagai rahasia Anda saja, dan belum mau sharing-kan? Kalau itu lucu dan saatnya dikeluarkan, kenapa juga tidak diberitahu ke kita-kita. He-he-he. Itung-itung ngaku dosa. Siapa tahu bisa dimaafkan....

Jujur, saya sendiri masih punya beberapa hal yang tidak perlu saya bagi kepada orang-orang terdekatku. Kapan-kapan saya kasih tahu deh....!!
posted by Apollo Lase @ 11:48 PM  
5 Comments:
  • At 8:50:00 AM, Blogger ester said…

    waktu masih sd, saya pernah maen ke rumah temen dan ga sengaja numpahin gayung yang isinya cat rambut neneknya temen saya. walhasil satu bak mandi isinya hitam semua.
    sampe skrg blom ngaku, hehehe....

     
  • At 3:29:00 AM, Anonymous Anonymous said…

    iya sih...gak semua harus diceritain ke orang lain kan? cukup kita dan Tuhan aja yang tahu. Asal bukan dosa "besar" aja.

     
  • At 10:52:00 PM, Blogger adhi said…

    Pengakuan Dosa pada Romo Apollo :
    "Romo... aku telah berbuat dosa..., aku menghamili kodok sehingga dia beranak kadal...." Wakakakkaaakkkk... : )
    Boleh nggak aku ngaku semua dosaku tanpa ada yang kurahasiakan pada Romo Apollo...???
    Nggak jadi akh... ntar Romo Apollo pengen lagi....Khan Dosa itu enak.... Wakakaakkaakk....

    JUST Kidding Bro....!!!

     
  • At 3:55:00 PM, Blogger Apollo Lase said…

    >>ester: nenek teman lo itu gaul juga ya... he-he-he

    >>donnie: setuju, tp yang kita "sembunyikan" itu tidak melulu juga dosa lho. misalnya kita gak pernah ngasitahu berapa jumlah deposito kita. he-he-he

    >>adi-wiyono: ha-ha baru tahu kalau dosa ada yang enak. pesan satu ya di... :D

     
  • At 7:16:00 PM, Blogger The life's corner said…

    aduh pak...jadi penasaran nih...apa sih dosanya yang belum diakui...heheheh......

     
Post a Comment
<< Home
 
Postingan Terakhir
Info Lain
Postingan Bulan Lalu
Pesan dan Kesan
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Sahabat Terbaikku
Free Hit Counter
Free Hit Counter